Mari Mengenal Papua (ASSOMAEN)


Dari Sorong sampai Merauke
ASSOMAEN -   Mari Mengenal Papua.Ironis memang bila sudah hampir empat tahun saya tinggal di Jakarta ini,tak mengenalkannya lebih dekat pada sahabat. 
Pulau Papua adalah pulau yang mempunyai segudang keunikan budaya,tradisi masyarakatnya juga kelebihan dari kebiasaan masyarakatnya.Keindahan alam yang mempesona,menarik Cinta Deras untuk mengenalkannya lebih dekat. Mari Mengenal Papua.

Papua adalah sebuah propinsi terluas di Indonesia yang terletak di bagian timur Indonesia.Propinsi yang dulu bernama Irian Barat ini berbatasan langsung dengan Papua New Guinea,
(PNG) negara tetangga Papua Barat yang dulunya masuk sebagai bagian dari NKRI.Kekayaan alam yang berlimpah,ditambah dengan banyaknya ragam suku dan budaya, menjadikan propinsi ini sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia dan sebagai salah satu tempat terindah di dunia.

Papua memiliki keunikan budaya dan tradisi beragam yang menjadi ciri khasnya,seperti noken,saly,honay,koteka,ukiran dsb.Meski kemajuan pembangunan dan informasi telah menempatkan keunikan-keunikan itu sebagai sesuatu ketertinggalan,tetapi memberi makna sebagai kearifan budaya dan tradisi lokal.Papua juga adalah sebuah pulau dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dan kaya akan potensi bahari.Seperti Papua pada umumnya,disini terdapat suatu budaya ataupun tradisi yang sangat unik dan masih hidup sampai sekarang yang berbeda dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

1.Molo

Molo dalam bahasa Papua berarti menyelam ke dalam laut sambil membawa senapan berbahan kayu lengkap dengan ujung besi tajam dan di bagian belakangnya dililit oleh sehekai senar tanpa menggunakan alat bantu pernapasan sedikit pun.Kegiatan Molo ini dilakukan oleh masyarakat Papua pada siang hari maupun malam, malam hari,hal ini dilalkukan karena malam hari ikan-ikan lagi tertidur hingga mudah dalam penangkapannya.

2.Bakar Batu

Tradisi Bakar Batu ini merupakn satu ritual tradisional yang berfungsi sebagai ucapan syukur atau berkah,tradisi Bakar Batu ini telah berlaku turun temurun pada masyarakat Papua,di Biak tradisi Bakar Batu disebut Barapen.
Tradisi Bakar Batu ini biasa dilakukan saat pernikahan,penyambutan tamu istimewa, Pengucapan syukur, acara-acara besar, upacara kematian sampai pada bukti perdamaian antar suku.Untuk memulai tradisi ini para warga akan melakukan kumpul warga,mereka akan menyiapkan kayu bakar,batu untuk memasak dan bahan yang akan dibakar,mulai dari babi,Buah merah, Ubi, sayuran akan melengkapi pesta ini.

3. Sarang Semut

Kelebihan dari Papua adalah SarangSemut Papua.Masyarakat Papua mempunyai kebiasaan yang sangat unik,kaum pria disini akan mencari sarang semut,mereka akan menfaatkan sarang semut tersebut,karena khasiatnya yang bisa menjadi obat herbal untuk pengobatan yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya,seperti kanker,tumor,asam urat,jantung koroner,wasir,TBC,migran dan leukemia.


4. Bentuk Pulau Papua


Papua dengan segudang keistimewaan ternyata masih menyimpan keunikan dari bentuk pulaunya yang menyerupai burung rajawali,Cendrawasih.Bentuknya sahabat bisa lihat saat melihat sebuah peta dari kejauhan yang sangat terlihat jelas seperti burung lengkap dengan kepalanya.

5.  Kangguru Papua

Ternyata tak hanya di Australia saja,di Papua juga terdapat Kangguru,jenis kangguru di Papua malah lebih beragam.Kangguru Papua memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia.Kangguru Papua terdiri atas dua jenis yaitu dendrolagus (Kangguru Pohon) dan thylogale(Kangguru Tanah). Kedua jenis Kangguru tersebut  kini sudah mulai langka dan termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.

Perbedaan dari kedua Kanguru Papua ini dapat dibedakan dari moncongnya,lebih runcing untuk kanguru pohon dan lebih bulat untuk kanguru tanah.Ekornya agak panjang dan bulat,berbulu lebat dari pangkal sampai ekornya.Sedangkan pada kangguru darat kedua kaki depannya lebih pendek dari pada kaki belakangnya,cakarnya pun lebih kecil.Sayangnya kedua jenis Kangguru tersebut  kini sudah mulai langka dan termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.
Sebenarnya masih banyak keunikan yang dimiliki Papua ini,antanya Gunung Bersalju Indonesia,Gunung Puncak Jaya Wijaya.Gunung ini adalah gunung satu-satunya yang mempunyai gletser tropika di Indonesia.Potensi Raja Ampat dengan segala kemolekannya,tapi itu nanti bagian dari kunjungan sahabat ke Papua ini.
Semoga ada manfaat untuk pengetahuan dan tentunya ada nilai tambah untuk Papua dari postingan ini.
Happy Blogging.ASSO/BLO/20

SUMBER: http://www.raihanrn.com
                  Wekipedia.com


By: ASSOMAEN

2 Responses to "Mari Mengenal Papua (ASSOMAEN)"

wdcfawqafwef